Editor's Vids

Kalimat Yang Pantas Muslim Ucapkan Saat Natal

Astra Winata

Natal itu artinya kelahiran, sama artinya dgn maulid. Dalam islam maulid / natal nabi sudah menjadi bagian syiar (;bukan syariat) dalam Islam setiap tgl 12 rabiul awal memperingati hari kelahiran nabi Muhammad saw.

Dalam al-Qur'an surat Maryam ada dua nabi yaitu Nabi Yahya as dan Nabi Isa as :

ayat 15 : "Dan kesejahteraanlah bagi dirinya (Nabi Yahya) pada hari dilahirkan, pada hari ia meninggal, dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali"

ayat 33 : "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Nabi Isa), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali"

Lalu bagaimana dgn nabi Yahya dan Nabi Isa bahkan nabi2 yg lain? Dalam hal ini ummat muslimin belum mengtahui tgl pastinya mereka dilahirkan, mungkin jika mereka diketahui tgl lahirnya akan menjadi bagian dari syiar islam sebagaimana Nabi Muhammad saw.

Ummat nasrani (kristen) memperingati kelahiran kelahiran Tuhan Yesus pada tanggal 25 Desember.

Mengucapkan selamat hari maulid Nabi Isa as atau selamat hari natal Nabi Isa as. Pada prinsipnya tidak menjadi masalah bagi ummat Islam.

Namun yg menjadi pokok persoalan masyarakat nasrani memahami memperingati hari natal itu adalah memperingati hari kelahiran TUHAN Yesus bukan hari kelahiran NABI Isa as. Tentunya hal ini menjadi persoalan dalam aqidah Islam bagi ummat islam

Tentu tidak mungkin bagi kita mengucapkan
"selamat hari lahir (natal/maulid) Tuhan"
Bagaimana mungkin Tuhan dilahirkan dan dirayakan kelahirannya?

inilah kalimat yg pantas kita ucapkan dalam memperingati hari maulid nabi Isa as:

"Selamat hari natal/maulid Nabi Isa as"
kesejahteraan semoga dilimpahkan kepada Nabi Isa as pada hari ia dilahirkan, pada hari ia meninggal, dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali"


SUmber : Astra Winata

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply